Artikel terbaru :
Home » » Cara Sukses Menjalankan Bisnis Budidaya Jamur

Cara Sukses Menjalankan Bisnis Budidaya Jamur

Senin, 16 Januari 2012 | 0 komentar


bisnis jamur 200x150 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Budidaya JamurMeningkatnya jumlah kebutuhan jamur konsumsi di kalangan masyarakat, ternyata belum sebanding dengan besarnya kapasitas produksi jamur yang dihasilkan para petani di berbagai daerah. Bahkan sampai saat ini masih banyak permintaan ekspor yang belum bisa dipenuhi para pelaku usaha budidaya jamur, mengingat tingkat kebutuhan jamur di pasar lokal masih sangat tinggi. Kondisi inilah yang menjadikan prospek bisnis jamursemakin hari kian diminati pasar.
Ketertarikan masyarakat untuk menekuni bisnis budidaya jamur konsumsi tentunya tidak terlepas dari tingginya permintaan pasar dan mudahnya proses budidaya jamur. Melalui buku panduan, video tutorial, maupun pelatihan budidaya jamur, kini para pemula bisa mendapatkan bekal pengetahuan dan pengalaman untuk bisa menekuni dunia jamur dengan mudah. Sehingga tidak heran bila saat ini jumlah petani jamur konsumsi sudah semakin berkembang di berbagai pelosok daerah.
Meskipun saat ini jumlah petani jamur semakin tumbuh subur di berbagai daerah, namun belum semuanya berhasil menjalankan bisnis tersebut hingga mencapai puncak kesuksesan. Banyak diantaranya yang menyerah di tengah jalan sehingga harus menutup bisnis jamurnya sebelum mereka meraih sukses. Tentu kejadian tersebut tidak ingin Anda alami bukan?
Untuk mengantarkan Anda menuju kesuksesan dalam berbisnis budidaya jamur, berikut ini kami informasikan beberapa cara sukses menjalankan bisnis budidaya jamur yang wajib Anda perhatikan sebelum memulai usaha.
Bekali diri Anda dengan pengetahuan di bidang jamur.cara sukses berbisnis jamur 200x176 Cara Sukses Menjalankan Bisnis Budidaya Jamur
Selain membutuhkan modal uang, hal penting lainnya yang harus Anda miliki yaitu bekal pengetahuan dan pengalaman di bidang budidaya jamur. Mulai dari pengetahuan macam-macam jamur konsumsi, cara pembibitannya, bagaimana teknik pembudidayaanya, sampai cara perawatan pada saat panen dan pasca panen jamur berlangsung. Untuk memperoleh pengetahuan tersebut, Anda bisa mempelajarinya melalui buku, majalah, tabloid, ebook, video tutorial, atau belajar langsung dari ahlinya dengan mengikutipelatihan bisnis jamur yang sekarang ini banyak diselenggarakan instansi pemerintah maupun swasta.
Pahami target pasar penjualan jamur
Kiat sukses yang kedua adalah memahami target pasar dari bisnis budidaya jamur. Pada dasarnya target pasar usaha jamur sangatlah luas. Anda bisa membidik para pembudidaya jamur lokal, nasional bahkan internasional untuk memasarkan bibit jamur yang Anda produksi. Selain itu Anda juga bisa memasarkan produk jamur segar kepada konsumen rumah tangga maupun para pelaku bisnis kuliner. Untuk membidik konsumen rumah tangga, Anda bisa mengemas jamur segar dalam ukuran sedang (misalnya ukuran 250 gram, 500 gram, dan 1 kg) lalu dipasarkan melalui pasar tradisional atau supermarket di sekitar wilayah Anda. Sedangkan untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih besar (seperti pelaku bisnis kuliner jamur, usaha catering, dll) Anda bisa menawarkan diri sebagai supplier tetap mereka untuk memenuhi kebutuhan jamur setiap harinya.
Cari mitra kerja
Segala jenis peluang usaha tentunya membutuhkan adanya mitra kerja agar bisnis tersebut bisa berkembang dengan baik. Begitu juga dalam menjalankan bisnis budidaya jamur, dengan memiliki mitra kerja, kita bisa berbagi modal, memperkuat daya tawar, memperluasstrategi pemasaran jamur, serta menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang jamur, sehingga bisnis yang dijalankan bisa berjalan lancar dan terhindari dari resiko kerugian. Meskipun demikian, dalam memilih mitra kerja Anda juga harus teliti dan berhati-hati. Pilihlah partner atau mitra kerja yang benar-benar terpercaya dan memiliki visi yang sama dengan pemikiran Anda. Sehingga kemungkinan adanya perselisihan dalam bekerja bisa Anda hindari sedini mungkin.
Kelola dengan manajemen yang sehat
Usaha yang sukses selalu didukung dengan manajemen yang sehat. Begitu juga dalam menjalankan bisnis budidaya jamur, Anda harus menggunakan perhitungan yang benar-benar akurat sebelum menetapkan harga jual jamur ke pasaran. Disamping itu Anda juga harus mempersiapkan pembukuan dan administrasi untuk mencatat segala macam transaksi yang Anda lakukan selama menjalankan bisnis budidaya jamur. Hal ini penting agar segala pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda dapat terekap dengan baik, sehingga perkembangan bisnis Anda bisa terkontrol setiap bulannya.
Sukses tidaknya bisnis budidaya jamur yang Anda jalankan, semua tergantung bagaimana cara Anda mengelolanya. Semoga dengan adanya tips bisnis ini, para pembaca tidak perlu ragu lagi untuk segera memulai bisnis budidaya jamur. Selalu ada pintu sukses bila Anda mau untuk mencarinya. Selamat berkarya dan salam sukses.

Related Post:

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support :